Gimana Cara Menghilangkan Lem Super yang Nempel di Kulit??

Gimana Cara Menghilangkan Lem Super yang Nempel di Kulit??

Whoa.. agak kesal malam ini.. pas aku memperbaiki sesuatu yang membutuhkan lem super, karena kurang berhati-hati akhirnya tumpah ke tangan… untung nggak sempat nempel antar jari… hehe

Tapi hampir seluruh jari ku kena.. Sudah dapat dipastikan Lem Super seperti Alteco, Super Glue atau sejenisnya mempunyai daya rekat yang sangat kuat dan cepat mengering, juga tentunya adalah sangat sulit menghilangkan nodanya ketika terkena kulit atau benda lainnya.

Masalahnya ne klo kena kulit… risih banget. ditambah kan kalo di Islam karena kena anggota wudhu tentunya akan menghalangi sampainya air wudhu..

Hal pertama yang aku lakukan setelah terkena lem ini adalah langsung mencucinya dengan air.. kemudian aku coba dengan minyak tanah… sabun.. tapi tetap aja belum bersih total..

Aku jadi ingat kata temenku tentang minyak kayu putih yang asli bisa melumerkan plastik setelah beberapa lama.. Kebetulan aku ada minyak kayu putih Ambon yang dikasih temenku. langsung aja aku coba..aku gosok-gosok.. lumayan sih agak bersih… karena belum bersih juga aku iseng cari di uncle Google cari solusinya… ketemu beberapa saran di situs ini  seperti di bawah ini:

Lem Super mengandung bahan inti yang bernama Cyanoacrylate (CA).Bahan tersebut memiliki daya rekat yang cepat dan sangat kuat.Namun Cyanoacrylate dapat luluh dengan Acetone dan Air hangat.

Acetone biasa digunakan untuk pembersih kuteks kuku, banyak yang jual ditoko-toko atau apotik. Saya coba buktikan bahwa Lem Super juga tidak tahan terhadap air.

Kembali ke Acetone,…Acetone juga bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan lem super,dengan menggunakan kuas secara bertahap.Namun perlu diingat, bahwa acetone bisa merusak kain dan beberapa jenisplastik.

*Berikut Tips apabila terjadi kecelakaan akibat Lem Super:

**Terkena Kulit*

Jika terkena kulit hingga merekat, rendam di air hangat. Tambahkan sabunagar mempercepat proses pelepasan tersebut. Lebih cepat lagi jikamenggunakan Acetone, namun jangan sampai terkena selaput lendir.Sebenarnya, minyak pada kelenjar keringat kulit kita dapat membuka lemtersebut dalam beberapa jam kemudian dengan sendirinya.

*Terkena Bibir*

Jika tidak sengaja terkena bibir hingga merekat, segera siram dengan airhangat yang cukup banyak juga usahakan agar banyak air liur yang membantumembasahi bibir bagian dalam.Gerak-gerakkan bibir ke samping namun jangan ditarik yang dapat merobek kulit bibir.

Jika didiamkan, air liur dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam1-2 hari kemudian.

*Kelopak Mata*

Jika terkena kelopak mata hingga merekat atau bahkan merekat ke bola mata,seperti cara di atas segera cuci dengan air hangat. Dalam keadaan didiamkan,air mata dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam 1-4 hari.

*Bola Mata*

JIka bola mata terkena lem super, biasanya dalam beberapa jam lem yangmengering akan lepas dengan sendirinya. Setelah itu segera cuci mata denganboorwater atau obat tetes mata.

 
Nah begitu tu caranya. Syukur2 cuma kena di tangan doank.. . hehe Semoga bisa bermanfaat.
About these ads

51 comments on “Gimana Cara Menghilangkan Lem Super yang Nempel di Kulit??

  1. Hehehe, jadi inget kejadian ini…

    Di Surabaya, saya masang perangkap tikus, berupa lem super kuat (lem tikus bergambar gajah). Pada akhirnya, beberapa jam kemudian, malah saya sendiri yang kena, setengah kaki saya nginjek alas lem. Saya bener2 lupa kalo saya naruh lem di sana. :lol:
    Lepas dari kaki sih bisa, cuma, bekas lemnya aja yang mengganggu. Saya bersihin pake tinner. :D

  2. hehehe.. kalo minyak kayu putih biasa bisa ngga???

    oia, bener, gue renden di air mendidih, hehe.. canda!
    gue rendem di air anget, terus dikelupas, ilang deh… ngga total sih ilangnya!

    Thanks ya infonya…

  3. mav mau tanya ni kucing ane pahanya kena lem tikus….
    akibat rakus ngeliat tikus nganggur di lem…
    hehehehehe…

    bisa gak ngilangin efek lengketnya dirambut atau dibulu kucing???

    • berdasarkan komentar slah satu teman di atas katanya dia pake tiner bisa.. klo nggak bisa juga di potong dikit aja bulunya yang kena itu.. hehe
      Maaf lama nggak buka blog jadi baru ke balas..
      terima kasih telah berkunjung

  4. mw nanya cara menghilangkan lem tikus yg nempel di tembok gimana??? tembok di kamar gw dh 3 tahun lebih loh lem tikus tsb masih ada,, bahkan kelengketanya gak hilang2… please saran dan bantuanya

  5. mksii ya uda kasi tau caranya … ini ada cicak / hewan hewan kecil yang tdk sengaja ke injek lem gajah … tdk tau cara melepaskan mrk .. makannya cari di mbah google … syukur deh ketemu sama lu … hehehehe thx bgt ya ..

  6. ass… mau nanya nih gimana caranya nghilangin lem tikus pada bulu kucing persia…. plssssssssssss ada yg bisa bantu ga…sedih bgt nih….

  7. thanks banget infonya .. lem power gluenya kena ke hp gue-___-” dan itu bikin hp jadi jelek banget! prustasi gatau harus gimana, iseng di kerok pake cutter! eeng ing eeng .. hp gue pun lecet-___-“

  8. makasihh yaa,,

    gara” adik q yg suka jail, tangan q jdi pnuh ma lem superglue nihhh.

    skali lagii mksihh yaa atas solusinyaa

  9. wah…akhirnya lepas dah lem ni nempel di tangan ane…ceritanya ane lgi ngebaikin headset yg keduduk sma adek sepupu qw..jdi ada yg patah…pas ane lem kena jari ane…wah..panik dah….untung ketemu ni artikel….ilang deh….thx kk..^-^

  10. gan tolong bantu ane dong ane barusan habis betulin barang elektronik truz gk sengja saya lem barang elktronnya agar tidak lepas” dan saya lem dengan lem power glue truz pas sudah selesai mengelem eh saya lap keringat saya di wajar eh ternyata lemnya itu msh ada d tangan mpe kena d kelopak mata saya dan tangan gmna cara ngilanginya gan sumpah pedih banget panas banget lgi..

  11. kucing ane dulu jg pernah kena lem tikus. kalo kucing kena lem tikus seperti kasus kucing Mas Haru, ane dulu ga pake thinner tapi cuma pake minyak kelapa atau minyak goreng. Itu cukup bisa koq. Tapi kalo kena lem super seperti alteco, saya baru tau caranya dari blog ini. Terimakasih infonya mas. sukses terus blognya!

  12. Aq udh tau klo Acetone bs melunturkan lem super semacam alteco. Yg aq bingung bgmn cr melunturkan lem china yg mereknya sy tdk bs baca, krn pake tulisan china. Lem ini sama mengandung bahan Cyanoacrylate, tapi ternyata tdk bs cair dg Acetone. Apa ada cara lain, kawan?

  13. bro makasih banyak, ini solusi baik bagi para orang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan postingan ini muslim/muslimah akan lebih sah lagi wudhu nya, semoga ini bisa jadi jalan bertambahnya ilmu dan pahala kita.

    Thanks. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s