Mengurangi pemberitahuan facebook lewat e-mail

Contoh kasus: seorang teman mengirim dokumen ke email A, ketika A membuka emailnya… hhhhhaaaaaah… ada puluhan ribu inbox belum terbaca????

Teruz mana nee email teman gua??? Susah amir nyarinya……

Kenapa hal itu terjadi??

Puluhan e-mail yang belum terbaca dari mana?? Ee ternyata dari Facebook….hehehe

Hal ini terjadi karena

  • Kita tidak memiliki e-mail lain untuk keperluan yang lebih penting

  • Karena tidak melakukan filter e-mail, jarang membuka e-mail kita dan menghapus inbox

  • Karena kita tidak melakukan pengaturan pada situs jejaring sosial kita

Teman-teman yang memiliki akun si situs jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, Foursquare ataupun situs jejaring sosial lainnya, tentu akan mendapatkan e-mail dari situs tersebut untuk keperluan dan aktifitas situs yang di mana Anda bergabung.

Hal ini tentu akan membuat inbox e-mail Anda penuh dengan pemberitahuan yang tidak terlalu penting.

Cara mengatasi masalah tersebut tentunya bisa dengan membuat e-mail baru untuk keperluan tertentu atau rajin2 lah menghapus inbox… Namun dalam ulasan kali ini saya akan lebih menekankan pada pengaturan notifikasi (pemberitahuan) melalui e-mail terutama yang paling banyak adalah pemberitahuan dari Facebook (apalagi yang super eksis di situs ini) hahahaaha

Bagi teman2 yang tetap ingin menjadikan e-mail yang kita gunakan untuk akun Facebook sebagai e-mail utama kita, maka dapat melakukan tips berikut.

Secara default settingan di Facebook memang memberitahukan segala aktifitas akun Anda melalui e-mail. Cek saja e-mail Anda.. apa yang Anda temukan??

  • Facebook: si A mengomentari status Anda pada jam sekian

  • Facebook: si B menandai Anda di sebuah catatan pada jam sekian

  • Facebook: si C mengomentari catatan di mana Anda di tandai pada jam sekian

  • Facebook: si D menandai Anda di sebuah foto pada jam sekian

  • Facebook: si E mengomentari foto Anda pada jam sekian

  • Facebook: si F mengirim Anda pesan pada jam sekian

  • Dan hal2 lain yang kaya2 gitu lah…. Cape nulisnya…hehehe

Dengan demikian kita akan kesulitan mengahapus atau mencari e-mail dari teman/perusahaan/kampus yang jauh lebih penting (meskipun ada fitur menandai dan fitur mencari e-mail melalui kolom search e-mail) tapi tetap saja menyulitkan kita.

Oleh karena itu kita dapat merubah settingan/pengaturan akun kita agar Facebook tidak mengirimkan pemberitahuan melalui e-mail kita lagi.. (ya gpp juga,, wong saya yakin tiap waktu kita juga mencek facebook kita, jadi pemberitahuan melalui e-mail ga terlalu penting). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah akun Facebook Anda

  • Go to pengaturan akun di pojok sebelah kanan paling atas

  • Klik tab notification/pemberitahuan

  • Kemudian uncheck semua/beberapa pemberitahuan aktifitas Facebook Anda yang melalui e-mail.

  • Simpan perubahan pengaturan tadi.

Selesai dan Facebook tidak akan mengirimi pemberitahuan yang tidak Anda inginkan melalui e-mail lagi serta kita tetap bisa menjadikan e-mail kita yang digunakan untuk Facebook sebagai e-mail utama kita. Tapi e-mail kita g akan serame dulu..hahaha.. hasilnya kita dapat dengan mudah menemukan e-mail penting yang kita cari.

Semoga membantu…..

Advertisements

4 Comments

  1. mantab sob…… infonyasalam kenal, salam blogger mari berbagi saran,info,cerita,berita dan banyak lagi sob….trim's dah mampirbentuk persahabatan yang saya buat adalah link terpasang di sidebartetap zemangat gan…. 🙂

  2. makasih sob… salam kenal juga… saya akan menambah daftar bacaan/mengikuti blog qm…untuk link social network saya ada pada my network di samping kiri atas blog ini.ありがとうございます。

  3. @mas dewa: hahaha… baru belajar blogging mas.. ternyata asyik juga.. hanya saya kurang tahu apakah di blogspot ada pemberitahuan komentar teman blog seperti di facebook… klo ada akan lebih memudahkan kita untuk memantau aktivitas blog kita…. kadang kita g tahu ada yang komen di blog kita…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s