Whoa.. agak kesal malam ini.. pas aku memperbaiki sesuatu yang membutuhkan lem super, karena kurang berhati-hati akhirnya tumpah ke tangan… untung nggak sempat nempel antar jari… hehe

Tapi hampir seluruh jari ku kena.. Sudah dapat dipastikan Lem Super seperti Alteco, Super Glue atau sejenisnya mempunyai daya rekat yang sangat kuat dan cepat mengering, juga tentunya adalah sangat sulit menghilangkan nodanya ketika terkena kulit atau benda lainnya.

Masalahnya ne klo kena kulit… risih banget. ditambah kan kalo di Islam karena kena anggota wudhu tentunya akan menghalangi sampainya air wudhu..

Hal pertama yang aku lakukan setelah terkena lem ini adalah langsung mencucinya dengan air.. kemudian aku coba dengan minyak tanah… sabun.. tapi tetap aja belum bersih total..

Aku jadi ingat kata temenku tentang minyak kayu putih yang asli bisa melumerkan plastik setelah beberapa lama.. Kebetulan aku ada minyak kayu putih Ambon yang dikasih temenku. langsung aja aku coba..aku gosok-gosok.. lumayan sih agak bersih… karena belum bersih juga aku iseng cari di uncle Google cari solusinya… ketemu beberapa saran di situs ini  seperti di bawah ini:

Lem Super mengandung bahan inti yang bernama Cyanoacrylate (CA).Bahan tersebut memiliki daya rekat yang cepat dan sangat kuat.Namun Cyanoacrylate dapat luluh dengan Acetone dan Air hangat.

Acetone biasa digunakan untuk pembersih kuteks kuku, banyak yang jual ditoko-toko atau apotik. Saya coba buktikan bahwa Lem Super juga tidak tahan terhadap air.

Kembali ke Acetone,…Acetone juga bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan lem super,dengan menggunakan kuas secara bertahap.Namun perlu diingat, bahwa acetone bisa merusak kain dan beberapa jenisplastik.

*Berikut Tips apabila terjadi kecelakaan akibat Lem Super:

**Terkena Kulit*

Jika terkena kulit hingga merekat, rendam di air hangat. Tambahkan sabunagar mempercepat proses pelepasan tersebut. Lebih cepat lagi jikamenggunakan Acetone, namun jangan sampai terkena selaput lendir.Sebenarnya, minyak pada kelenjar keringat kulit kita dapat membuka lemtersebut dalam beberapa jam kemudian dengan sendirinya.

*Terkena Bibir*

Jika tidak sengaja terkena bibir hingga merekat, segera siram dengan airhangat yang cukup banyak juga usahakan agar banyak air liur yang membantumembasahi bibir bagian dalam.Gerak-gerakkan bibir ke samping namun jangan ditarik yang dapat merobek kulit bibir.

Jika didiamkan, air liur dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam1-2 hari kemudian.

*Kelopak Mata*

Jika terkena kelopak mata hingga merekat atau bahkan merekat ke bola mata,seperti cara di atas segera cuci dengan air hangat. Dalam keadaan didiamkan,air mata dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam 1-4 hari.

*Bola Mata*

JIka bola mata terkena lem super, biasanya dalam beberapa jam lem yangmengering akan lepas dengan sendirinya. Setelah itu segera cuci mata denganboorwater atau obat tetes mata.

 
Nah begitu tu caranya. Syukur2 cuma kena di tangan doank.. . hehe Semoga bisa bermanfaat.