Serangga Triatoma (Kissing Bug) Muncul di Kamar Kost

Awal saya mengetahui nama serangga ini karena menonton acara di sebuah stasiun TV swasta mengenai berbagai penyakit yang menimbulkan banyak korbannya secara sesaat.
Nama penyakit yang pernah menyerang di negara bagian Amerika itu adalah penyakit “Chagas”, penyakit yang bisa mematikan dalam sekejab katanya. Penyakit Chagas ditularkan oleh serangga triatoma (kissing bug) dengan menyebarkan sejenis parasit ke dalam aliran darah dan bisa berkembang biak di jantung sehingga bisa membuat pembengkakan jantung dan usus.
Namun penyakit ini tidak gampang terdeteksi karena masa inkubasinya yang lama seperti penyakit AIDS.
Ketika melihat serangga ini di TV, sayapun langsung ingat pernah beberapa kali melihat sejenis kumbang ini di Yogyakarta. Karena penasaran saya langsung mencari berbagai informasi mengenai serangga ini pada uncle Google, dan benar saja setelah melihat banyak foto-fotonya, saya yakin pernah melihatnya di sekitar kost-ku. Hanya saja dulu, karena menganggap serangga ini hanya kumbang biasa yang tidak berbahaya, maka saya hanya membiarkannya tanpa mengganggunya sedikitpun. Ternyata bisa membahayakan manusia, dikatakan di salah satu artikel yang saya baca, mereka biasanya beraksi pada saat kita tertidur lelap, menghisap darah, kemudian menimbulkan rasa gatal dan bentol2 yang menyebar keseluruh tubuh. Masih banyak gejala lain yang timbul bervariasi.
Beberapa hari kemudian benar saja akhirnya saya melihat serangga ini ada di dapur tetapi dalam keaadaan sudah tidak bernyawa lagi alias mati kering. Saya yakin sekali karena bentuknya yang sangat mirip.
Dan beberapa hari kemudian lagi, saya kembali teringat mengenai serangga ini kemudian memutuskan untuk mencari informasi lebih banyak lagi dari Om Google. Pagi itu saya membersihkan kamar dan kemuadian mandi. Selesai mandi saya sangat terkejut karena ada serangga ini merayap di karpet kamar kost. Bagaimana bisa ini serangga masuk, langsung saya berpikir jangan-jangan ini serangga sudah menghisap darah tadi malam, tapi saya tidak merasakan adanya kelainan pada kulit, tidak ada bentol atau gatal. Tanpa pikir panjang saya mengambil semprotan serangga dan jelas saja akhirnya berujung maut pada serangga ini.
Melihat cerita dari BLOG INI dan BLOG INI yang ketika dia membunuh serangga ini banyak darah yang keluar pada tubuhnya.
Sayapun penasaran dan kemudian menumbuk serangga ini, syukurnya tidak ada darah yang keluar dari tubuhnya, hanya isi perutnya yang putih seperti kalau kita membunuh kecoa.
Saya bersyukur sepertinya serangga ini baru saja mendarat atau terbawa sapu ketika aku membersihkan kamar “entahlah”.
Waktu di kampus saya pun menunjukkan foto serangga ini kepada teman-teman, kebanyakan dari mereka yang dari luar Jawa tidak mengetahui tentang serangga ini, hanya ada teman yang berasal dari Sragen bercerita pernah waktu bangun tidur gatal di badannya yang kemudian menyebar sampai seluruh tubuhnya bentol-bentol, sampai-sampai matanya pun ikut bengkak dan benar saja setelah membersihkan kasurnya katanya menemukan serangga ini. Kejadian seperti itu sudah 2 kali dia alami katanya. Namun berhasil disembuhkan dengan cepat dengan minum obat alergi karena awalnya dia piker alergi. Kemungkinan serangga triatoma yang ada di Indonesia tidak membawa penyakit Chagas, tapi tetap saja membahayakan manusia kalo begini.

Dikatakan populasi serangga triatoma di Indonesia hanya 10%, tetapi tetap aja jadi paranoid akhirnya klo begini, Akhirnya seperti saat wabah tomcat yang sempat sampai ke Yogya kemarin, teman2 kantor saya pada mengeluh karena sering terkena jahilnya tomcat ini terutama yang rumahnya dekat sawah, saya pun melakukan pembersihan kamar kost dan penyemprotan. Dan akhirnya mau niru orang Jepang yang melipat kasurnya setelah selesai digunakan. Maka saya tidak membiarkan lagi kasur terlentang sepanjang hari dan hanya membukanya saat akan digunakan saja. (Baca: kost saya nggak pake ranjang,, wkkkk).

Semoga saja ne serangga nggak pernah lagi muncul di kost..

40 Comments

  1. aku barusan digigit bro dg serangga ini, sampai ku ga bisa tidur lg takut kebayang2 banyak darah setelah ku pencet tu serangga dg botol, hingga akhirnya ku browsing2 yg akhirnya baca artikelmu, bener bgt ternyata gigitannya sakit bgt,perih,gatal kyk luka bakar, 2x kumenemukan serangga ini dikamarku, padahal kamarku lumayan bersih lah.. yg pertama dulu waktu kumatiin ada sedikit darahnya,kupikir darah itu darahnya serangga sendiri,dan paginya kubersih2 kamar menemukan lg serangga itu,dan setelah kumatiin ga ada darahnya
    yg membuatku takut barusan,hingga sampai ku bener2 penasaran ma ini serangga, rumahku di Malang. jd serangga ini Bener2 ga bahaya kan gan klo yg di Indonesia? ku takut ne…

    1. sepertinya tidak berbahaya seperti yang di Amerika, soalnya temanku yang orang Sragen juga 2kali pernah kegigit tidak apa2 cuma gatal yang sampai ke seluruh tubuh itu. Dari beberapa blog lain juga ada yang menceritakan mereka pernah digigit serangga ini. Sepertinya spesies yang ada di Indonesia tidak membawa penyakit Chagas. Cuma aku juga tidak mengetahuinya pasti.

    2. Aku juga kemaren pagi di gigit dan untungnya malambya aku langsung kedokter, tapi dokter gada bilang apa macam hewan terus aku cari di google dan ketemu artikel mu, kukira cacar tapi bentul sama gejalanya itu ga nyambung sama sekali. Aku takut ini bisa jadi penyakit ganas

  2. Aku td pagi digigit, makanya aku browsing ga tuanya ada yg pernah ke gigit jg tp anehnya badanku ga ada yg bengkak jd aku ga tau dia gigit di bagian mana 😥 tp jelas dia gigit aku soalnya waktu aku Injak dia berdarah darah…. Waduh gimana nie? Ada cara untuk mendeteksi dini untuk gejala2 nya ga ya? Mohon infonya teman…. Thx untuk infonya

    1. Dari beberapa blog yang saya baca, semua menjelaskan terjadi gatal2 yang menyebar begitu pula cerita temanku yang pernah digigit. Tapi itu semua tidak sampai separah yang di Amerika, saya pikir kemungkinan kissing bug yang ada di Indonesia tidak membawa bakteri seperti yang disebutkan. Akan lebih baik bertanya pada ahlinya lagi, dan jangan lupa jaga kebersihan kamar dan tempat tidurnya.

  3. ak digigit 2x, yg prtama smpat hisap darahku yg kdua blum mnghisap darah tp efekny cpat kayak dgigit nyamuk sluruh tubuh bentol2 gatal sekali dan bagian yg digigit bengkak selama 3hari..nafas sesak, smg sj gigitan itu tdk brchagas..karena drah orng indo masih brsih2 beda dngan luarnegeri, mungkin gigitan dr orang yg kena hiv trus mnggit orang lain dan mnularkan pnyakit…lokasi saya dgigit juga dsragen bero…thnks.

    1. Wah temanku yang pernah digigit itu juga orang Sragen, dia cerita juga 2x kena.
      Klo begitu sering2 aja membersihkan dan mengecek tempat tidur. Agak seram juga dengar cerita teman2.

  4. td mlm sy digigit, sy pikir gtal biasa. eh kok terasa lg dtmpt lain. terus sy bngun n mencri tahu, ternyata ada serangga itu di ksur. awlny sy pkr dia ga mgkn isep drah tp kok penasaran, akrnya sy ptskn untk tngkap dia. krn sush dtgkp, akhrnya sy tbruk pke hanger dan keluar darah. akrnya sy browsg lha kok beritanya gini.. sy kwtr sekali. temen2 skg keadaanya gmana? apkh ada gejala yg aneh? n udh dbwa ke dokter blum, apa kt dktrnya?

    1. Klo menurut teman ku yang pernah digigit serangga ini, tidak terjadi hal yang serius, memang bngkak karena gtalnya mnyebar ke sluruh tubuh. Kemungkinan besar serangga triatoma yang ada di Indonesia tidak membawa virus Chagas…

      Keep your room clean bro…

  5. efek gatal2 ma bengkak nya kira2 hilangnya berapa hari gan….?
    gila…gatel smua badan ane….udah bengkaknya di hidung lagi….T_T

    1. kalau aku sampai 4 hari juga belum ilang bener. lha beberapa hari terakhir ini, aku menemukan serangga ini berkali kali.. kemaren baru gigit bapakku tp dia ngga merasa gatal sama sekali. tau deh kok banyak ni serangga… malah jangan2 sudah ngisep banyak orang nih tp pada ga tau.

  6. Tahun yg lalu juga aku dan anakku pernah digigit serangga ini dan waktu aku browsing ternyata bahaya banget aku langsung tutup semua lubang2 lantai kamar yg dr kayu, sempat hilang juga sih tuh serangga, sampai kemarin dan semalam aku dan anakku digigit lagi langsung khawatir lagi deh, memang sekarang efeknya ga terlalu berasa, paling gatal2 aja, tp klo dr yang dibaca efeknya muncul jangka panjang 20 tahun kemudian, kan syerem banget, periksa kemana yaaa . .

    1. @Mba Rahma : Klo saya juga kurang tahu apakah akan berdampak dalam jangka panjang nanti. Saya hanya tahu dari beberapa sumber yang menyebutkan seperti itu. Tetapi menurut saya kemungkinan serangga triatoma yang ada di Indonesia tidak membawa bakteri chagas seperti yang di wilayah Amerika. Tetapi memang kita harus bertanya ke ahlinya juga biar yakin. Semoga saja tidak berdampak seperti yang diceritakan.

  7. waduhh, saya beberapa hari lalu digigit juga bro..
    gmn nih saya takur bgt bro..
    sehabis digigit pagi-pagi tangan saya bercak-bercak merah gitu kaya biang keringet tapi ini lebih merah. saya pikir cuma biang kerignet biasa aja, eh ternyata beberapa hari kemudia binatang ini ketemu dirumah saya dan pas di matiin keluar darah banyak banget seperti darah manusia.. ngeriii..
    saya harus gmn nih?? saya takut ada efek nya di tahun2 kedepan.. ada yang tau obatnya kalau habis digigit
    ada kah cara untuk memberantas binatang ini dirumah??

  8. saya juga kemaren abis digigit, jari tangan sama telapak kaki gatel banget bengkak gitu. kalo dipencet rasanya nyutnyutan terus gatelnya kambuh. takut berdampak gan 😦 baru sekali ngeliat ini serangga di rumah dan kirain kecoa. karena curiga saya ambil sarung tangan buat ngebuang ini serangga. takut gan sumpah :”””(

    1. ane juga pernah 2 x di gigi sama serangga ini
      pake bawang putih aja di ulek terus olesin ke bagian yg paling gatel 3 jam pasti ilang

  9. td mlm q baru bunuh nih serangga gara2 jari tangan digigit udah 2x ampe bengkak,,

    saat aku bejet2 badannya keluar darah n ternyata ni hewan ngisep darah gw,,hadehhhhh bengkak ditangan tw rasanya ngilu bgt buat gerak aja sakitnya minta ampun,,
    makasih infonya…

  10. Hadeuh…ini saya juga kena gigit nih…sudah 3 hari badan saya gatal gak normal…saya pikir nyamuk..tapi kok aneh…akhir pas jam 12 malem bangun karena badan gak enak gatal semua…akhirnya saya putuskan periksa kasur saya…ada hewan aneh ini…saya searching tahunya nemu artikel juragan…saya jd khawatir soal bahaya nggaknya…hewannya identik gan…hanya saja gak ada warna merah di pinggir perut…coklat semua.

  11. saya baru di gigit ni… kok bengkaknya cuman di muka saja yaa?

    gak merah si,cuman bentol” di sekitar muka..
    gmn ni gan..

  12. Beberapa tahun yang lalu aku juga pernah digigit dip***** …rasanya gatal sekali…setelah 3 hari p*****ku semakin membengkak dan mengeras…hari ke 4 aku mulai demam…akhirnya aku ke dokter dan dokter mengatakan ini akibat gigitan serangga triatoma…aku disuntik juga diberi obat antibiotik juga salep (tapi aku sudah lupa nama obatnya juga salepnya)…2 hari setelah minum obat dan di salepi…bengkaknya mengempis dan penuh nanah berwarna kecoklatan…alhasil bekas gigitan tersebut bolong cukup dalam…dalamnya sedalam jari kelingking saya…sekarang sih sudah tertutup rapat lagi…jadi menurut saya jangan anggap remeh serangga ini…saran saya sebelum tidur selalu dibersihkan…karena triatoma sembunyi dibawah bantal or selimut or kasur…sebersih apapun kamar juga ranjang kita…bukan menjadi jaminan triatoma tidak hadir di kamar kita

  13. Udah 2x digigit ini serangga dalam 3 bulan terakhir ini. Abis gigit dia berkembang biak. Jadi, segera basmi kalau bangun tidur ngerasa gatel dan mucul bentol agak gede. Waktu ngobatin sama dokter dikasih hydrocortisone 1% sama beberapa obat alergi semacem lameson, cetrizine(dosis 2 hari) sama satu lagi lupa. Karena udah menyebar, meradang, merah dan gatel.

  14. Tahun lalu saya juga pernah gatal-gatal sekitar semingguan, tapi gak ketemu binatangnya karna waktu itu lagi KKN, kebetulan kasur yang digunakan sepertinya gak pernah dijemur. Waktu dibawa mama saya ke dokter, di kasih salep dan sabun, tapi gak sembuh-sembuh juga. Tetap gatal.
    Akhirnya dikasih tetesan lilin sama papa saya di bagian-bagian yang gatal secara berulang-ulang. Memang perih sekali, tapi 2 hari kemudian gatal-gatal hilang.
    Mungkin bisa dicoba.

  15. Hari minggu kemarin saya juga di gigit binatang ini jam 1 malam..karna gak tahan gatal2nya dan badan rasanya griming2 semua akhirnya saya ke UGD RS terdekat.. setelah di suntik jarak 5 menit langsung hilang gatal2nya. tangan ku sampe sekarang masih merah dan kadang gatel.

  16. aku gatau ni di gigit kissingbug atau bukan .ad benjolan besar d alis gatel sm d punggung jg .ak pikir nyamuk tp klo nyamuk biasanya benjolnya ga seperti ini …trus lgsg aj ak ganti sprey ak .tp ga tau ad serangganya ini atau ga, soalnya ak pikir cm nyamuk aj…takutnya klo ad bneran di kasur trs gigit anak sm suamiku .huhu .jngan smpai lah .tp ni masi benjol n gatell 😦

  17. Kemarin malam digigit di leher, bdan jd bentol smua. Pas abis sahur badan tb2 lemes akhirnya pingsan sbntar.. dicariin air kelapa muda subuh2, trus bawa IGD, dokter jaganya bngung soale gejala2 dh g ada, cuman ortu takut aja klo brlanjut, akhire dkasih anti radang sama obat. Obatnya agk ragu minum, cr di google kok buat tukak lambung padal aku ga mual.. Ranitidin nama obate, g jd ta minum. Dlu prnah digigit bbrp kli tp cumanbentol ke dokter juga bilange alergi tp pas itu gtau klo krena serangga, wlipun prnah nemu serangga itu tp ga kpikiran. Trus skrg bngung deh msti gmn

  18. Ini ane baru di gigit di kaki gan,gatel.y minta ampun n hidung jdi bengkak,gmna ya solusi cara ngilangin gatel.y??aali ga nahan bgt

  19. Saya pernah di gigit hewan ini, pertama saya mengira hewan ini tidak mengigit manusia/menghisap darah, krna sebelum malam tidur saya liat hewan itu di bawah tmpat tidur saya biarkan saja tapi pas waktu tidur malam tiba2 telapak tangan kanan saya terasa sangat gatal yg luar biasa dan hewan itu ada d samping saya, gejala pertama gatal yg luar biasa setelah itu menyebar keseluh tubuh dan terasa bengap seperti bengkak tubuh gatal merah2 terutama tangan yg tergigit, mata merah, wajah bengkak terutama hidung, Kapala dan trsa berdebar2 sungguh sangat tersiksa,,,
    Itu pengalaman saya mudah2 kita lebih berhati2 dan jaga kebersihan.

  20. Iya, mahluk ini ngenalin. Kalo gigitnya di jari, bisa ruas jari bengkak + sakit kalo digerakin. Bentuknya gede, panas & gatelnya ngebet, ga tahan pengen garuk terus! Kalo aq digigit mahluk butut ini, aq tempel bentolnya pake KOYO CABE ato salonpas yg hot. Kalo terlalu panas, cabut dulu, lalu nanti tempel lg. Ini ngbantu biar qta ga garuk2 & bentolnya cepet kempes. Penting : usahain cari dan bikin ko’it mahluk itu! Tp kalo dy ngumpet di spring bed mah ribet. *OK, gws yak.

  21. wah pas bulan maret tangan dan kaki saya kena gigit oleh serangga ini dan 2x dalam jangka waktu beberapa hari saja… wong edann.. bengkak2 seperti kebanyakan orang, setelah itu tiba2 setiap pagi dan malam hari kulit saya muncul selalu biduran… hingga saat ini

Leave a Reply

