Pentingnya iTunes bagi pengguna Apple Device

Sudah lama saya tidak menulis lagi di blog dan jarang sekali mem-posting tulisan baru lagi. Saya rasa sekarang bisa dimulai lagi berbagi pengalaman sedikit demi sedikit.

Belakangan (beberapa tahun ini) semenjak pengguna Apple device semakin banyak, saya kadang risih dengan pernyataan-pernyataan user yang asal ngomong.

Beberapa pernyataan tersebut seperti :

  1. Ah, iPhone susah gunainnya
  2. Nggak bisa masukin lagu bajakan, harus beli musiknya
  3. Applikasinya bayar semua, mahal g kayak di Android
  4. Nggak bisa setting ringtone pakai mp3 yang ada di musik
  5. Nggak bisa berbagi musik di BBM
  6. Nggak bisa kirim file Bluetooth-an
  7. Dan banyak lagi.

Jika pertanyaan tersebut menghampiri saya, biasa saya tanyakan, “apakah kalian sudah meng-install iTunes di komputer kalian?”

Dan jawaban kebanyakan adalah “belum, apa itu iTunes?”

OMG,,, know I now.

Saya rasa pernyataan ini wajar bagi user baru yang kadang tidak mau belajar dan tidak mau ribet sedikit.

Memang Apple device diciptakan lebih seperti ekosistem tertutup yang susah diapa-apain.

Pilihannya jika kalian ingin lebih jeli dengan perangkat ini adalah, mempelajarinya (banyak artikel di internet), atau bisa juga lakukan jailbreak. Jika memang tidak bisa terima dengan sedikit ribetnya itu, just get rid of it, replace that with another device you prefer to.

Oleh karena alasan di atas, saya ingin menjelaskan pentingnya iTunes ter-install di setiap komputer pengguna Apple device seperti iPhone dan iPod. Inilah kunci dimana kalian bisa melakukan semua sinkronisasi pada perangkat.

Bagi para pengguna Mac tentunya iTunes bukanlah hal asing lagi karena memang sudah ter-istall pada OS mereka secara default, namun bagi pengguna Windows, jarang sekali mereka yang meng-install-nya, Apple menyediakan iTunes for Windows sejak dulu yang berguna untuk sinkronisasi perangkat Apple bagi pengguna non-Mac. Bisa di download pada situs Apple dan pilih versi sesuai perangkat kita. Atau tinggal ketik “dowload iTunes for Windows” pada mesin pencari (search engine) untuk menemukan banyak pilihan situs download.

Install dan mulailah belajar menyelaraskan (sinkronisasi) perangkat Apple kalian. Jika mendapat kesulitan, banyak sekali artikel di internet yang membahasnya.

Disini saya hanya akan memaparkan beberapa kegunaan iTunes yang saya ketahui :

  1. Pemutar musik, pada dasarnya iTunes adalah pemutar musik dan peng-organisir music library di Mac, jadi kita bisa menjadikannya sebagai pemutar musik seperti Windows Media Player atau Winamp yang sering pengguna Windows gunakan.
  2. Paling penting adalah bagi pengguna perangkat Apple seperti iPhone dan iPod adalah untuk mensinkronisasi semua kebutuhan perangkatnya tersebut. Sinkronisasi tersebut bisa berupa :
  • Melakukan backup seluruh isi perangkat Apple mulai dari musik, dokumen, kontak, email, pesan, applikasi, dll.

Screen Shot 2017-01-17 at 7.11.33 AM.png

  • Melakukan restore iPhone ke kondisi awal atau ke kondisi backup terakhir yang kita lakukan, sehingga iPhone baru kita akan langsung seperti iPhone lama kita, seluruh isinya dari pesan, kontak, applikasi dll akan kembali sepeti backup terakhir tersebut.
  • Memasukkan musik, video, buku, ke pemutar musik, video dan iBook di iPhone dan iPod.
  • Membuat ringtone dari musik yang ada untuk dijadikan ringtone di iPhone kita.
  • Memasukkan file lain, video ke beberapa applikasi yang bisa mentransfer antara iPhone dan komputer.
  • Dan kebutuhan lain yang mungkin belum saya sebutkan disini.
  1. Juga merupakan toko aplikasi (App Store), toko musik (iTunes Store) dan layanan online Apple Music dan radio.

 

Nah ribetnya ya disitu, yaitu harus colok ke iTunes dulu jika ingin ngapa-ngapain, begitulah kira-kira bahasanya. Tapi jika sudah terbiasa pasti keuntungan yang didapat juga akan dirasa, karena kita akan belajar untuk mengorganisir segala sesuatu lebih rapi.

screen-shot-2017-01-17-at-07-24-13Beberapa orang bertanya kenapa masih senang dengan iPhone padahal kan ribet, jawaban saya biasanya adalah karena mudahnya mengembalikan backup jika kita mempunyai perangkat baru. Saya tidak perlu khawatir akan menginput kembali kontak atau mendownload semua applikasi dan isinya, kehilangan pesan dan file2 yang ada di handphone lama, dan banyak lagi.

Keribetan yang saya rasa benar-benar ribet adalah biasanya waktu berwisata susah banget transfer foto atau file ke atau dari perangkat lain karena bluutooth-nya yang tidak membolehkan, sehingga kadang harus dengan jalan applikasi share-it yang notabene harus terhubung ke satu jaringan, atau terpaksa melalui e-mail. Walaupun iPhone memilik AirDrop namun ini hanya berfungsi ke sesama saja.

Hal ini lah yang tidak bisa saya sangkal.. hahahaa

Ya memang pasti ada kelebihan dan kekurangan dari suatu perangkat, yang penting kita mempelajarinya jika ingin tahu lebih jauh. Jangan langsung men-judge begitu saja. Lain kali saya akan membahas mengenai pertanyaan spesifik dari beberapa teman. Salam.

Advertisements

6 Comments

  1. He he… saya dulu pernah coba konversi CD Audio ke WMA di Windows Vista jadul, tapi sekarang musiknya tidak bisa dibuka di platform lain karena selalu perlu akses minta kunci ke situs Microsoft, padahal saya suka lompat platform. Alhasil, kapok deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s