Cara Memasukkan Lagu ke iPhone, iPad dan iPod, Menjadikan iTunes sebagai Perpustakaan Musik (music library) di Komputer Kita

Tidak jarang saya mendengar pernyataan “Ngisi lagu di iPhone/iPod/iPad kan bayar, ribet” atau pertanyaan “Gimana sih cara masukin lagu ke iPhone”

Saya rasa hal yang dianggap ribet tersebut hanya karena pengguna iPhone tidak mau sedikit meng-organisir perangkat mereka, apalagi yang baru pindah dari Android ke iOS. Kali ini saya akan coba menjelaskan cara memasukkan lagu/video ke iPhone.

Sejak saya masih memakai Windows dan belum memutuskan pindah ke Mac, saya sudah menjadikan iTunes sebagai applikasi pemutar dan peng-organisir koleksi musik saya. Agak berbeda dengan teman-teman saya yang lebih menyukai Winamp, menurut saya mungkin karena saya menyukai tampilan sederhana dan bersih dari iTunes.

Anggapan bahwa mengisi lagu di iPhone harus berbayar adalah salah. Memang sebenarnya cara yang legal ya seperti itu. Namun saya pun tidak membeli semua koleksi musik saya, hehe. Seperti yang telah pernah saya tulis Pentingnya iTunes bagi Pengguna Apple Device, iTunes adalah kunci melakukan penyelarasan (sinkronisasi) antara perangkat Apple, baik bagi pengguna Windows ataupun Mac.

Berikut cara dan trik yang saya gunakan dalam meng-organisir koleksi musik saya :

  1. Jika kita telah mempunyai folder koleksi musik kita di hard drive kita, download lah iTunes for Windows bagi pengguna Windows (sesuaikan versi yang mendukung komputer kita) di situs Apple. Bagi pengguna Mac, iTunes sudah terinstall secara default.
  2. Buka iTunes dan copy koleksi musik kita ke iTunes Library atau tinggal drag & drop saja. Saya lebih senang menggunakan drag & drop sebenarnya karena lebih mudah. Maka semua koleksi musik kita akan muncul di iTunes dan kita bisa memutarnya langsung.

    Screen Shot 2017-05-13 at 10.11.45 AM
    Lakukan drag & drop koleksi musik ke iTunes atau tambah ke library dengan kilik file -add to library dari menu bar.
  3. Trik saya meng-organisir musik di iTunes adalah dengan membuat playlist sesuai genre atau jenis musik agar saya mudah menemukannya. Biasanya saya membuat playlist seperti Western, Classsical, Indonesia, French and World, Arabic, Lagu Daerah, Japan, Korea dll. Untuk Playlist yang akan berganti-ganti biasanya saya bikin dengan nama “My Playlist” dimana playlist ini akan saya update sesuai musik yang ingin saya dengarkan.

    Screen Shot 2017-05-13 at 10.17.21 AM
    Membuat playlist akan memudahkan saat proses pemilihan musik yang mau di sinkronisasi.

Membuat playlist ini juga sangat memudahkan saat mensinkronkan dengan iPhone, iPad & iPod.

  1. Selanjutnya untuk memasukkan musik kita ke perangkat iPhone atau iPod, tinggal colokkan perangkat ke komputer kita, masuk ke perangkat kita dengan mengklik icon perangkat yang muncul di iTunes, klik pada tab musik, klik Sync Music pada bagian atas sampai bertanda centang, pilih musik yang ingin di masukkan, bisa memilih sesuai artist, per judul ataupun per playlist
    Screen Shot 2017-05-13 at 10.20.47 AM
    Beri tanda centang pada Sync Music.

    Screen Shot 2017-05-13 at 10.25.27 AM
    Pilih musik yang mau di selaraskan, bisa dari playlist yang telah kita buat, artist, atau satu per satu manual.

Nah dalam hal ini mengapa saya lebih suka membuat playlist karena menyelarasakan musik ke iPhone atau iPod lebih mudah bagi saya dengan hanya memilih playlist. Sehingga tidak perlu lagi saya susun dan kategorikan di perangkat nanti. Begitulah trik yang saya lakukan agar mudah. Terakhir klik “Apply” pada bagian bawah iTunes.

Screen Shot 2017-05-13 at 10.30.49 AM
Tunggu proses penyelarasan sedang berlangsung.

Selesai musik kita akan tersedia di applikasi music pada iPhone, iPad atau iPod.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

