Cara Membuat Ringtone untuk iPhone (Membuat File Musik Kita Menjadi Ringtone Buat iPhone)

Tulisan ini sudah lama saya draft namun tidak terposting karena baru dapat kesempatan menyelesaikannya.

Sering sekali saya dikasih pertanyaan bagaimana menjadikan music/file mp3/lagu agar menjadi ringtone di iPhone atau pernyataan bahwa untuk bisa “ringtone lagu” harus beli ringtone-nya di iTunes Store.

Sebenarnya tidak demikian, anggapan bahwa semua harus beli konten di iPhone itu adalah tidak benar. Salah satunya disini saya akan menjelaskan cara bagaimana membuat ringtone dari music yang kita punya.

Pertama tentunya harus terinstall dulu iTunes pada computer kita, untuk Mac sudah terinstall secara default sedangkan untuk Windows bisa di download di situs Apple sendiri.

Sebelumnya saya sudah menulis “Penting Sekali Menginstall iTunes Bagi Pengguna Apple Device

Jika pada computer kita sudah terinstall iTunes, maka kita akan memulai membuat musik kita menjadi ringtone buat iOS device.

Langkah pertama :

Masuk aplikasi iTunes dan langsung cari musik pada library musik kita. Ingat bahwa kita telah memasukkan seluruh koleksi musik ke library iTunes.

Pilih salah satu lagu/musik yang akan kita jadikan sebuah ringtone.

Screen Shot 2016-08-27 at 4.03.01 PM
Pilih musik yang ingin dijadikan ringtone.

 

Langkah kedua

Setelah kita memastikan musik yang kita pilih, klik kanan pada musik tersebut dan pilih “Get Info”. Pada tab Option, beri tanda centang pada “start time dan stop time”, isi sesuai bagian mana dari musik yang ingin kita jadikan ringtone. Ini akan menentukan panjang ringtone kita.

Screen Shot 2016-08-27 at 4.06.12 PM
Tentukan panjang ringtone yang akan kita buat.

Setelah selesai jangan lupa memutar musik lagi agar kita benar-benar yakin panjang ringtone yang kita inginkan.

Langkah ketiga

Klik kanan pada musik tadi dan pilih “Create AAC Version” untuk iTunes versi lama (dalam hal ini saya masih menggunakan iTunes 11 pada Snow Leopard) dan untuk versi iTunes 12 yang ada pada El Capitan saya, tidak ditemukan pilihan Create AAC Version pada klik kanannya. Tetapi setelah saya mengecek pada kolom search pada menu bar help, ternyata di iTunes versi terbaru Create AAC Version ada pada “File – Convert – Create AAC Version”.

Screen Shot 2016-08-27 at 4.08.25 PM

Untuk iTunes for Windows, silahkan teman-teman mengeceknya juga jika tidak terdapat pilihan/menu tersebut ketika klik kanan.

Setelah kita klik pilihan tersebut maka akan tercipta file baru tepat di bawah list musik kita tadi dengan durasi sesuai yang kita setting sebelumnya.

Langkah keempat

Klik kanan pada file musik baru tersebut dan pilih Show in Finder jika kita menggunakan Mac dan Show in Windows Explorer bagi pengguna Windows. Maka kita akan menemukan file tersebut pada folder media iTunes kita. File tersebut akan di highlight.

 

 

Langkah kelima

Ubah nama file musik tersebut dengan cara merubah ekstensinya dari .m4a menjadi .m4r. Atau tergantung jenis awal file tersebut missal bisa jadi dari .mp3 dll. Kita akan ditanya apakah akan benar-benar merubah ekstensi file tersebut, lalu klik use .m4rScreen Shot 2016-08-27 at 4.10.03 PM

 

Langkah keenam

Copy file .m4r tersebut ke desktop dan drag & drop ke iTunes kita seperti kita memasukkan koleksi musik ke iTunes Library.

Maka akan muncul file tersebut pada daftar “tones” kita. Lihat slide show dibawah :

This slideshow requires JavaScript.

Selesai,

Sekarang kita bisa melakukan sinkronisasi iPhone atau iOS device lainnya untuk bisa menggunakan ringtone yang kita buat tadi. Saya rasa untuk cara sinkronisasi ringtone tidak perlu saya jelaskan lagi karena sudah pernah saya tulis pada artikel terdahulu.

Untuk memilih ringtone pada iPhone atau iOS device bisa kita klik “setting – sounds – ringtone – pilih”

Ingat setelah kita meng-copy file .m4r tadi ke iTunes kita bisa menghapus file musik AAC version yang ada pada library iTunes kita tadi.Screen Shot 2016-08-27 at 4.13.54 PM

Dan jangan lupa mengembalikan durasi dari original file musik yang kita jadikan ringtone tadi ke posisi semula dengan “klik kanan file – option tab – hilangkan centang pada start dan stop time”.

Screen Shot 2016-08-27 at 4.14.26 PM

Sekarang kita sudah mempunyai ringtone yang kita inginkan di iPhone/iPad kita.

Artikel ini saya tulis dengan menyadur dari HuftPost Tech – Kerry Flynn.

Beberapa cara mungkin berbeda pada versi iTunes yang berbeda terutama bagi pengguna Windows.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s