Cara Menjadikan Sebuah Applikasi sebagai Applikasi Default Pembuka File di Mac OS.

Lima tahun lalu saya pernah berjanji menulis pengalaman-pengalaman menggunakan Mac, namun ternyata saya sudah tidak punya waktu menulis blog lagi karena beberapa hal. Hehe

Kayaknya sekarang memulai kembali karena banyaknya pertanyaan yang kadang teman-teman saya tanyakan.

Terkadang kita meng-install beberapa applikasi di Mac yang sebenarnya mempunyai fungsi yang sama dan dapat membuka file dengan format yang sama. Namun mengapa hal ini kita lakukan, karena ada beberapa fitur menarik pada salah satu applikasi tersebut.

Namun ada kalanya kita tidak menyukai sebuah format file dibuka dengan salah satu applikasi tersebut saat kita klik 2x untuk membukanya, kita lebih menginginkan agar applikasi itu dibuka dengan applikasi yang lain.

Contohnya : Secara default pemutar video di Mac adalah QuickTime Player, namun kita juga menginstall VLC Player karena lebih menyukainya. Saat kita mengklik 2x file jenis .mov untuk membukanya, namun file akan di buka oleh QuickTime Player. Kita menginginkan agar selanjutnya file tersebut dibuka oleh VLC Player hanya dengan mengklik 2x, tidak perlu mengklik kanan – open with.

Cara yang kita lakukan adalah sebagai berikut : (pada contoh ini saya menggunakan file .mkv yang secara default dibuka dengan VLC Player dan saya ingin menjadikan QuickTime sebagai applikasi pembukanya di kemudian)

Pada file tersebut klik kanan file – get info – scroll pada bagian open with – pilih applikasi pembuka yang kita inginkan

Screen Shot 2017-05-13 at 11.44.22 AM

klik change all – selesai.

Screen Shot 2017-05-13 at 11.45.05 AM

Setelah ini klik 2x kali lagi pada file tersebut, maka file akan dibuka dengan applikasi yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s