Tips Simple Memasukkan dan Memainkan Video dari Komputer ke iPhone/iPad dengan VLC Player for iPhone serta Memasukkan file seperti PDF/JPG/Photo dari komputer ke iPhone

Beberapa teman saya pernah bertanya bagaimana cara memasukkan video ke iPhone. Cara pertama adalah cara biasa dengan memasukkan video ke applikasi video milik iPhone.

Buka iTunes di komputer kita >> Colokkan iPhone/iPad ke komputer >> Klik icon iPhone/iPad >> Klik pada tab movies >> Beri tanda centang pada Sync Movies >> Pilih video yang sudah ada di library iTunes kita. (cara memasukkan video ke iTunes sama dengan memasukkan lagu ke iTunes, saya pernah membahasnya). >> klik Sync >> Selesai

Pada iPhone, buka applikasi video, video yang kita selaraskan tadi sudah ada pada daftar video, mainkan.

Namun cara ini menurut saya termasuk kurang simple karena jika tidak salah iTunes hanya menerima video dalam format .mp4 dan .mov sehingga kita butuh meng-konversi video-video dengan format lain agar bisa dimasukkan ke library iTunes.

Saya lebih menyukai menggunakan VLC Player for iPhone karena mendukung banyak format video, apalagi sekarang kebanyakan video yang tersedia dalam .mkv dan lainnya. Pilihan meng-konversinya lagi adalah dua kali kerja menurut saya.

Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama, tentu saja download dan install VLC Player for iPhone di App Store. Kedua,  buka iTunes di komputer kita dan colokkan iPhone >> klik icon device kita >> masuk ke tab Apps >> scroll ke bagian paling bawah pada list applikasi.

Screen Shot 2017-05-14 at 3.09.41 PM Pada bagian paling bawah ini adalah daftar applikasi-applikasi yang mendukung fitur sharing antara iPhone dan komputer atau kumpulan applikasi yang bisa menyimpan file di dalamnya.

Screen Shot 2017-05-14 at 3.48.51 PM

Pilih VLC >> scroll ke bawah klik tombol add >> pilih lokasi dimana kita menyimpan file video kita >> pilih file video beserta subtitle jika ada >> klik add >> iTunes akan meng-copy-nya ke iPhone kita >> selesai klik done.

Screen Shot 2017-05-14 at 3.49.31 PMScreen Shot 2017-05-14 at 3.49.46 PM Screen Shot 2017-05-14 at 3.50.01 PM

Pada iPhone, buka applikasi VLC dan video tersebut sudah ada di daftar main >> mainkan >> selesai.

UNADJUSTEDNONRAW_thumb_2968 Check this the result :

 

Untuk memasukkan file photo atau PDF dari komputer kita ke iPhone/iPad biasanya saya menggunakan applikasi Adobe Acrobat for iPhone (download dan install). Ikuti langkah yang sama seperti memasukkan video tadi.

Buka iTunes di komputer kita dan colokkan iPhone >> klik icon device kita >> masuk ke tab Apps >> scroll ke bagian paling bawah pada list applikasi

Screen Shot 2017-05-14 at 4.26.42 PM

Pilih Adobe Acrobat >> scroll ke bawah klik tombol add >> pilih lokasi dimana kita menyimpan file photo atau pdf kita >> pilih file >> klik pilih >> iTunes akan meng-copy-nya ke iPhone kita >> selesai klik done.

Pada iPhone, buka applikasi Adobe Acrobat dan file tadi sudah ada di daftar recent file/local file >> buka file photo/pdf >> selesai.

Ada kalanya kita ingin menyimpan file photo tersebut ke camera roll, maka buka photo tadi di Adobe Acrobat klik tanda share >> klik share file >> geser menu di bawah >> klik save image >> photo sudah masuk ke camera roll >> selesai.

Semoga membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s