Kembali Beralih ke Microsoft Office 2011 for Mac

Saat membeli Mac pertama kali saya memang mendapat penawaran yang menarik Ms. Office 2011 for Mac dari EMAX Yogyakarta waktu itu, untuk versi student dimana harganya memang lebih terjangkau.

Mengapa saya tetap menggunakan Ms. Office di Mac ?

Walaupun Mac menawarkan iWork (Pages, Number, Keynote) secara gratis, namun karena sejak di sekolah kita memang hanya dikenalkan pada Ms. Office, sehingga mau tidak mau Ms. Office lah yang lebih familiar bagi kita.

Ms. Office 2011 berjalan sangat baik di Mac dan jujur saya merasa puas, apalagi templete yang ditawarkan di Word dan Power Point saya rasa lebih bagus daripada di Windows sendiri. Kecuali untuk Excel, mengerjakan spredsheet di Excel 2011 for Mac sedikit lebih rumit daripada Excel di Windows, beberapa penempatan menu Excel 2011 berbeda dengan versi Windows sehingga butuh penyesuaian kembali.

Baru-baru ini saya menginstall Ms. Office 2016 for Mac dan versi ini saya rasa benar-benar mirip dengan Ms. Office yang dibuat untuk Windows, terlihat jelas untuk tampilan dan menu-menu ribbonnya. Untuk Excel sendiripun sudah sangat sama dengan versi Windows. Yang saya sukai dari versi terbaru ini adalah kita bisa melakukan zooming dengan hanya melakukan pinch pada trackpad Mac sehingga benar-benar kita merasakan kita sedang bekerja di Mac OS.

Screen Shot 2017-05-29 at 10.31.16 PM

Namun yang sangat mengganggu pada Ms. Office 2016 for Mac ini adalah sangat lambat ketika di launch pertama kali, saya perlu menunggu 20 sampai 30 detik sampai applikasi terbuka, bahkan kadang bisa jadi 60 detik. Sangat berbeda dengan Ms. Office 2011 yang dapat dibuka hanya 1-3 detik saja. Pengalaman ini membuat saya merasa kesal juga, dan ternyata banyak juga dialami oleh pengguna Mac lainnya. Beruntung saya belum membelinya secara resmi.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah saya lihat-lihat master instalasi dari kedua versi ini tidak jauh berbeda dengan ukuran 1,15 GB dan 1,59 GB (kurang lebih), namun ternyata terdapat perbedaan yang sangat besar pada ukuran applikasi antara ketika sudah dilakukan instalasi.

Dilihat dari gambar di atas, jelas sekali terlihat selisih ukurannya.

This slideshow requires JavaScript.

Jika pada Excel 2011 ukuran applikasi hanya 47,1 MB, pada Excel 2016 ukuran applikasi adalah 1,63 GB sehingga terdapat selisih 1.582,9 MB (dengan asumsi 1 GB = 1.000 MB), begitu juga untuk perbedaan pada Word dan Power Point. Sehingga saya rasa pantas saja Ms. Office 2016 ini berjalan sangat lambat di Mac, apalagi pada mesin lama speerti yang saya punya.

Dengan alasan ini akhirnya saya kembali menginstall Ms. Office 2011 dan benar saja, versi 2011 memang masih lebih nyaman dan cepat dalam membuka/mengerjakan dokumen. Disamping itu versi 2011 memiliki tampilan publishing layout dan notebook layout yang tidak saya temui pada Ms. Office 2016 ataupun versi Windows, serta templete-templete yang lebih ciamik.

Walaupun demikian saya tidak menghapus versi 2016 di Mac saya sebagai cadangan, jika ada dokumen dari teman yang dikerjakan di Ms. Office versi terbaru biasanya terdapat masalah jika dibuka di Ms. Office 2011 seperti ada skema yang menjadi berantakan, efek slide show yang tidak mendukung dan hal lainnya.

Jika ada yang mengalami hal sama, saya rasa Anda bisa kembali menggunakan Ms. Office 2011 karena tidak terlalu ketinggalan juga dan masih memenuhi kebutuhan pekerjaan office kita.

6 Comments

  1. Ms Office were never really build for Mac.

    Itu sebabnya dulu saya juga sempat mempertimbangkan membeli Macbook Air, tapi setelah melihat kompatibilitas dengan Ms Office, akhirnya saya mengurungkan niat itu, dan beralih ke laptop biasa dengan Windows saja.

    1. Iya Bli, it seems like Microsoft will never actually build Ms Office for Mac 😄

      Pengaruh juga nanti kepada market mereka jika Office for Mac disempurnakan kayak di platform mereka.

      1. Untuk Android juga ndak penuh dukungannya. Bahkan antara seri 32 bit dan 64 bit di Windows sendiri masih ada kompatibilitas.

      2. Klo yang di versi untuk smartphone saya belum pernah mencobanya Bli.
        Sepertinya Ms Office 2010 yang masih paling nyaman digunakan, di kantor kami juga masih memakai yang versi 2010 untuk Windows.

Leave a Reply

