Crossover for Mac, Cara Mudah Menjalankan Software Window di Mac

Sekian tahun menggunakan Mac, namun saya baru mengenal software bernama Crossover ini. Hal ini saya ketahui dari seorang teman yang juga pengguna Mac yang menanyakan mengenai cara install IDM (Internet Download Manager) di Mac / apakah IDM bisa diinstall melalui Crossover. Karena memang di Mac tidak tersedia IDM. Awalnya saya sarankan untuk memakai Folx saja sebagai pengganti, namun dia sudah memakai Folx juga dan menurutnya masih ada kekurangan pada Folx.

Kemudian saya merasa penasaran dan mulai mencari tutorial di internet dan dapatlah artikel ini di Macdrug. Dari sinilah saya mulai mengenal Crossover.

Crossover adalah sebuah aplikasi berbayar yang dapat menjalankan software-software Windows di Mac tanpa harus keluar dari OS Mac sendiri.

Saya tidak pernah memikirkan cara ini sebelumnya karena saya memang menginstall Windows di Mac saya, sehingga ketika benar-benar tidak ada aplikasi di Mac yang bisa menggantikan software di Windows, saya cukup menjalankan Windows saja. Ternyata ada berbagai cara lain tanpa kita harus menginstall Windows, salah satunya adalah dengan Crossover ini.

Screen Shot 2017-06-11 at 9.39.41 AM
Berhasil juga menjalankan IDM di Mac

Akhirnya saya menginstall aplikasi ini, dan sesuai tutorial di Macdrug saya juga berhasil menginstall IDM di Mac dan dapat dijalankan dengan baik. Selain itu sekarang saya juga bisa bermain game jadul Counter Strike di Mac tanpa harus melewati Steam.

Screen Shot 2017-07-24 at 10.41.05 AM
Tampilan Crossover

Proses instalasi di Crossover juga sangat mudah, download file isntalasinya .exe untuk setiap sofware yang ingin kita install di Crossover, selanjutnya hanya tinggal klik-klik saja, dan jika kita ingin menjalankan software tersebut hanya tinggal buka Crossover dan jalankan softwarenya.

Banyak cara lain untuk menjalankan software Windows di Mac, namun setelah saya mencoba, Crossover adalah yang paling mudah menurut saya. Semoga teman-teman yang belum tahu juga bisa menerapkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s