Keputusan Melakukan Upgrade RAM pada Macbook

Belakangan saya mulai merasakan performance Mac saya melambat walaupun hanya membuka sedikit aplikasi, apalagi jika saya membuka sekitar sepuluh aplikasi bersamaan, putaran bola pelangi pada pointer akan terus muncul dan kadang-kadang terjadi lag saat berpindah aplikasi.

Saya memang memahami ini adalah mesin lama dan pasti akan terjadi demikian karena proses penuaan tersebut. Dulu saat masih menggunakan OS lama memang tidak terasa perubahan performa ini, namun semenjak saya mulai terus meng-update OS ke OS terbaru dan juga meng-update berbagai aplikasi, tentu saja saya sudah paham dengan resiko yang akan saya dapat.

Awalnya saya santai aja dan menerimanya, tetapi lama-lama terkadang membuat frustasi apalagi jika bekerja di aplikasi yang besar. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti saran-saran dari pengguna Mac di internet dan beberapa tutorial Youtube.

Screen Shot 2017-07-24 at 9.17.17 AM.png

Mesin Mac saya memang hanya dipersenjatai RAM 4 GB dan hard drive berjenis HDD. Mac memang haus akan memory, terkadang Safari saja bisa memakan hampir 6GB pada activity monitor.  Pengguna Mac memang biasanya melakukan upgrade hardware mereka jika ingin mendapatkan performance yang bagus, apalagi untuk profesional yang bekerja di bidang fotografi dan rendering video.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menambah RAM saya. Sayapun membeli RAM 8 GB (2 piece 4 GB) dan meminta bantuan teman saya untuk memasangnya sesuai tutorial yang ada di youtube, prosesnya sangat mudah (bisa dilihat disini)

image1
Beli memori yang sesuai dengan Mac kalian.

Setelah selesai saya kembali menghidupkan Mac saya, memang tidak terjadi pengaruh yang signifikan pada proses booting dikarenakan saya memang tidak meng-upgrade HDD saya, namun pengaruh sangat terasa ketika membuka dan menjalankan banyak aplikasi, sekarang saya tidak kesulitan membuka 10 atau lebih aplikasi secara bersamaan, no lag dan hanya sedikit menemukan putaran bola pelangi pada pointer, hehe

Screen Shot 2017-07-23 at 6.06.38 PM
Harga SSD pada salah satu toko online. Samsung SSD 850 EVO memang yang terbaik untuk SSD sekarang berdasarkan review Macworld.

Saya rasa update RAM ini adalah keputusan yang tepat dan saya puas. Rencana kedepan tentu saja saya ingin melakukan upgrade to SSD, karena hasil test write and read pada banyak tutorial sangat jauh berbeda dari HDD ke SSD. Namun karena harga SSD sekarang masih lumayan untuk yang 500 GB dan saya sudah mempunyai tanggungan yang lain, jadi saya rasa saya harus menundanya dulu, Klo bisa memang upgrade Mac nya juga,, 😂

Leave a Reply

